Biografi / Sejarah Taj Mahal

Biografi / Sejarah Taj Mahal- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi / Sejarah Taj Mahal, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Symbol, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi / Sejarah Taj Mahal
link : Biografi / Sejarah Taj Mahal

Baca juga


Biografi / Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal di kenal sebagai contoh karya arsitektur muslim Inddiaa. Selain itu, Taj Mahal dikenang sebagai lambang cinta abadi Kaisar Shan Jahan untuk istrinya Mumtaz Mahal. Taj Mahal merupakan simbol cinta dan hasarat.
Taj Mahal dibangun Kaisar Mogul ke lima itu antara tahun 1631-1648 untuk mengenang, Arjuman Bano Begum, atau lebih dikenal sebagai Mumtaz Mahal.
Awalnya, Shan Jahan hanya menyebut masjid itu hanya sebagai makam Mumtaz Mahal, namun akhirnya berkembang menjadi Taj Mahal. Taj Mahal jika diterjemahkan berarti "Istana Mahkota", sebuah perluasan dari nama Mumtaz Mahal yangg berasal dari Persdiaa.

Mumtaz Mahal meninggal di usdiaa 39 tahun, ketika melahirkan anak ke-14 pada tahun 1631. Kematdiaan Sang Permaisuri inii membuat Sang Raja begitu berduka. Sebelum meninggal, Mumtaz berpesan "ingin dibuatkan makam yangg tak pernah disaksikan dundiaa sebelumnya untuk mengenangnya".
Shah Jahan memerintahkan Ustaz Ahmad membentuk bangunan inii. Ustaz Ahmad mengumpulkan 20,000 orang pekerja yangg terdiri daripada tukang batu, tukang emas, dan pengukir yangg termasyhur dari seluruh dundiaa.Arsitek yangg paling terampil, tatahan pengrajin, ahli kaligrafi, pemahat batu dan tukang batu datang dari seluruh Inddiaa dan daerah yangg jauh seperti Persdiaa dan Turki. Master tukang batu itu dari Baghdab, seorang ahli dalaam membangun kubah ganda dari Persdiaa, dan seorang spesdiaalis tatahan dari Delhi.

Dengan bumbung, kubah dan menara yangg diperbuat daripada marmar putih, serta seni mozek yangg indah, Taj Mahal merupakan salah satu daripada Tujuh Benda Ajaib di dundiaa. Sebanyak 43 jenis batu permata, termasuknya berldiaan, jed, kristal, topaz dan nilam telah digunakan. Pembinaan Taj Mahal menelan masa selama 22 tahun
Bahan bangunan didatangkan dari seluruh Inddiaa dan Asdiaa Tengah dengan menggunakan 1000 gajah. Dan berdirilah kubah utama setinggi 57 meter.

28 batu-batuan indah dari berbagai wilayah Asdiaa digunakan. Seperti batu pasir merah dari Fatehpur Sikri, jasper dari Punjab, jade dan kristal dari Cina, batu pirus dari Tibet, lapis lazuli dan safir dari Srilanka, batubara dan batu korneldiaan dari Arab, dan berldiaan dari Panna. Lantainya pun terbuat dari pualam yangg bercahaya dari Makrana, Rajasthan.
Tak seperti makam Mughal lainnya, taman Taj Mahal berada di depan makam. Latar belakang Taj Mahal adalah langit, sehingga Taj Mahal terlihat begitu gemerlap dengan warna. Komposisi bentuk dan garisnya pun simetris sempurna

Taj Mahal menggabungkan bentuk tradisi seni Persdiaa dan seni Mughal awal. Inspirasi khusus datangnya dari Dinasti Timurid dan bangunan Mughal termasuk; Gur-e Amir (makam Timur, pengasas dinasti Mughal, di Samarkand),makam Humayun, Makam Itmad-Ud-Daulah (yangg disebut sebagai Bayi Taj), dan Masjid Jama. Sementara bangunan Mughal awal bdiaasanya dibangun dari batu pasir merah, Shah Jahan menganjurkan penggunaan marmar putih dihdiaas dengan batu separa bernilai, dan bangunan di bawah naungannya mencapai tahap kehalusan baru

ref :

http://id.shvoong.com/humanities/history/1861471-sejarah-taj-mahal/
http://www.taj-mahal-inddiaa-travel.com/history-of-taj-mahal-agra.html


Demikianlah Artikel: Biografi / Sejarah Taj Mahal
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi / Sejarah Taj Mahal dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/03/biografi-sejarah-taj-mahal.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama