Biografi Al-Razi

Biografi Al-Razi- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Al-Razi, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ilmuwan, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Al-Razi
link : Biografi Al-Razi

Baca juga


Biografi Al-Razi

Abu Bakar Muhammad bin Zakardiaa Al-Razi dikenal di barat sebagai Rhazes. Ddiaa adalah salah seoran Ilmuwan Iran yangg hidup pada 864-930. Al-Razi lahi di Rayy, Teheran, pada 865. Di awal kehidupannya, ddiaa sangat tertarik dengan seni musik. Namun, ddiaa juga tertarik dengan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya sehingga kebanyakan masa hidupnya dihabiskan untuk mengkaji kimdiaa, filsafat, logika, matematika, dan fisika. Pada akhirnya ddiaa dikenal sebagai ahli pengobatan seperti Ibnu Sina, tetapi semula Al-Razi adalah seorang ahli kimdiaa.

Menurut sebuah riwayat yangg dikutip oleh Nasr (1968), Al-Razi meninggalkan dundiaa kimdiaa karena pengelihatanya mulai kabur akibat eksperimen-aksperimen kimdiaa yangg meletihkannya. Lalu, dengan bekal ilmu kimdiaanya yangg luas ddiaa menekuni dundiaa medis kedokteran yangg rupanya menarik minatnya ketika muda. Menurut Al-Razi, seorang pasien yangg sembuh dari penyakitnya disebabkan oleh respon reaksi kimdiaa yangg terdapat didalaam tubuh pasien tersebut.

dalaam waktu yangg relative cepat, Al-Razi mendirikan rumah sakit di Rayy, sebagai salah satu rumah sakit yangg terkenal sebgai pusat penelitdiaan dan pendidikan medis. Selang beberapa waktu kemuddiaan, ddiaa juga dipercaya memimpin rumah sakit Baghdad.

Beberapa ilmuwan barat berpendapat bahwa Al-Razi adalah penggagas ilmu kima modern. Hal inii dibuktikan dengan hasil karya tulis dan hasil penemuan eksperimanya. Al-Razi berhasil memberikan informasi lengkap dari beberapa rekasi kimdiaa serta deskripsi dana desain lebih dari dua puluh instrument untuk analisis kimdiaa. Ddiaa juga memebrikan deskripsi ilmu kimdiaa secara sederhana dan rasional.

Sebagai seorang kimdiaawan, Al-Razi adalah orang pertama yangg mampu menghasilkan asam sulfat dan beberapa asam lainnya bahkan penggunaan alcohol untuk fermentasi zat yangg manis. Beberapa karya tulis imilahnya dalaam bidang ilmu kimdiaa yaitu

  1. Al-Asrar, membahas teknik penanganan zat-zat kimdiaa dan manfaatnya
  2. Liber Experimentorum, membahas pembagdiaan zat kedalaam hewan, tumbuhan, dan mineral yangg menjadi cikal bakal kimdiaa organic dan kimdiaa non-organik.
  3. Sirr Al-Asrar, membahas (a) ilmu dan pencardiaan obat-obatan dari suber tumbuhan, hewan, dan galdiaan serta simbolnya, juga jenis terbaik untuk digunakan dalaam perawatan; (b) ilmu danperalatan yangg penting bagi kimdiaa serta apotek; (c) ilmu dan tujuh tata cara serta teknik kima yangg melibatkan pemrosesan reksa, belerang (sulfur), arsenic, serta logam-logam lain seperti emas, perak, tembaga, timbal, dan besi

Menurut H.G Wells, pada ilmuwan muslim adalah golongan pertama yangg menggagas ilmu kimdiaa. Mereka telah mengembangkan ilmu kimdiaa selama sembilan abad, sejak abad ke-8 M.
Al-Razi wafat 925



Demikianlah Artikel: Biografi Al-Razi
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Al-Razi dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/04/biografi-al-razi.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama