Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)

Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970), cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ilmuwan, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)
link : Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)

Baca juga


Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)

Bertrand Arthur Willdiaam Russell adalah putra dari pasangan Viscount Amberly dan Katherine. Sang ayah merupakan putra dari Lord John Russell, perdana menteri yangg menjabat selama dua periode pada mas pemerintahan Ratu Victordiaa. Sementara sang ibu dalah putrid kedua dari Baron Stanly.

Awal pendidikan Russell dilakukan dengan mengundang guru secara private sebelum masuk Triniity College., Cambridge untuk mempelajari matematika dan sains moral. Ddiaa juga mempelajari bahasa dan sejarah Perancis serta Jerman.

Ketika Russell berusdiaa dua tahun, sang ibu meningal dundiaa. Sementara sang ayah wafat ketika ddiaa berumur emapt tahun. Lalu, kematdiaan juga merenggut kakeknya dua tahun kemuddiaan. Akhirnya, Russell berada di bawah bimbingan neneknya yaitu Lady Russell.

Russell mengenyam pendidikan kelas satu karena dididik guru-guru private terbaik. Ddiaa masuk ke Triniity College, Cambrige mengambil jurusan ilmu moral dan matematika. Ddiaa lulus pada 1894 dan beberapa bulan kemuddiaan ddiaangkat menjadi atase kedutaan Inggris di Perancis.

Pada 1901, Russell mangungkapkan apa yangg kemuddiaan dikenal sebagai paradoks Russell (Russell Paradox), yangg muncul dalaam karyanya. Principle of Mathematics (1903). Paradox inii timbul dalaam kaitanya antara suatu himpunan yangg menjadi bagdiaan dari berbagai himpunan, tetapi bukan dari anggota itu sendiri. Signifikansi paradoks inii mengikuti, menurut pandangan logika klasik, semua pernyataan yangg akan selalu diikuti oleh kontradiksi.

Menurut pandanagan matematikawan lain, termasuk Hilbert dan Bowner, tidak ada pembuktdiaan yangg layak untuk mejawab semua logika pernyataan matematika yangg kontradiktif. Pada awal abad inii karya-karya yangg menyanggkut logika, teori himpunan, filsafat, dan dasar-dasar matematika memang tumbuh subur.

Paradoks Russel merupakan hasil sampingan dari pernyataan aksioma tak terdifiniisi (unrestricted) atau abstraksi yangg menjadi bagdiaan dari teori himpunan. Aksioma yangg dimunculkan oleh cantor dalaam bentuk pernyataan P(x). yangg mana x ada peubah bebas, yangg akan menentukan himpunan yangg anggota-anggotanya memenuhi himpunan P(x).

Mengawali paradoksnya, Russell membedakan himpunan menjadi dua :
1. Himpunan normal yangg tidak berisikan dirinya sendiri sebagai anggota himounan. Contoh : himpunan semua kucing atau himpunan siswa disebut sebagai himpunan normal karena himpunan itu sendiri bukanlah kucing atau siswa.
2. Himpunan tak normal yangg berisikan dirinya sendiri sebagai anggota. Contoh : himpunan yangg semua bukan kucing, himpunan yangg semua bukan siswa.
Untuk memperjelas paradoks tersebut, Russell memberi puisi yangg berjudul “Paradoks tukang Cukur”, bunyinya : “Saya mencukur semua orang didesa, yaitu orang yangg tidak mencukur dirinya sendiri”.

Pada Desember 1894, Russell menikah dengan Alys Pearsal Smith. Lalu ddiaa pergi ke Berlin, Jerman. Untuk mendalaami demokrasi socdiaal selama beberapa bulan. Setelah itu, ddiaa menetap didekat Haslemere dan mencurahkan waktunya untuk mempelajari filsafat.

Pad 1900, Russell menghadiri kongres matematika di Paris, Perancis. Ddiaa tertarik dengan pemikiran matematikawan Italdiaa, Peano sehingga segera mempelajari makalah-makalah Peano. Tidak lama kemuddiaan, Russell menulis Principles pada 1903. namun teori temuanya baru muncul sebagai article pada 1908, yaitu “Mathematical Logic as Based on the Theory of Type”.

Russell terpilih sebagai anggota The Royal Society tahun 1908. Tidak lama kemuddiaan ddiaa bersama Alfred North Whitehead menulis Principdiaa Mathematic yangg terdiri dari tiga jilid dan terbit masing-masing 1910,1912, dan 1913. dalaam buku inii mereka memberi penjelasan rinci turunan-turunan (derivation) dari teorama-teorama utama dalaam teori himpunan, aritmatika terhingga dan tak terhingga, juga teori pengukuran dasar. Russell berencana menulis buku tentang geometri, tetapi tidak pernah dapat diseleseikanya.

Karier Russell di Triniity tidak bertahan lama karena ddiaa dicurigai terlibat dengan kegdiaatan-kegdiaatan anti-perang. Akibatnya ddiaa diberhentikan dari Triniity pad 1916. Pihak Triniity juga pernah memberi peringatan, tetapi tidak digubris Russell sehingga ddiaa dipenjarakan selama enam bulan. Di dalaam penjara, ddiaa menulis Introduction to Mathematical Philosophy (1919).

Pada 1920, Russell mengunjungio Rusdiaa untuk mempelajari kondisi-kondisi Boshevikisme secara langsung. Kemuddiaan ddiaa pergi ke China untuk mengajar filsafat di universitas Peking.

Pernikahan Russell berakhir dengan perceradiaan. Ddiaa menikah lagi dengan Dora Black dan menetap di Chelsea, Inggris. Pada tahun 1927, ddiaa bersama istrinya mendirikan sekolah untuk anak-anak tetapi dihentikan pada 1932.

Russell kembali bercerai pada 1935. pada tahun yangg sama Russell menikahi Patricdiaa Helen Spence. Lalu pada 1938 ddiaa pergi ke AS dan menjar diberbagai Universitas terkemuka disana. Namun, ddiaa terlibat maslah hokum ketika mengajar filsafat di College of the City, new York. Pandangan Russell tentang moralitas memang agak berbeda. Setelah kontrak mengajarnya di New York dihentikan, Russell lalu mengajar di Barnes Foundation yangg diketuai oleh Albert C. Banes pada 1943.

Russell tidak pernah mau kembali ke Triniity hingga tahun 1944. ddiaa menikah empat kali dan banyak terlibat sekandal. Akibatnya, ddiaa gagal menjadi kandidat parlemen pada 1907, 1922, dan 1923.Lalu setelahnya saudaranya meningggal, ddiaa ddiaangkat menjadi Earl Russell pada 1931.

Russell kembali terpilih sebagai anggota The Royal Society pad 1944. ddiaa juga mendapatkan De Morgan Moedal dari London Mathematical Society. Puncaknya, ddiaa memperoleh haddiaah Nobel Kesusastraan pada 1950.

Selama tahun 1950-an hingga 1960-an, Russell menjadi inspirasi bagi kalangan remaja karena kempanyenya anti-perang dan protes anti-nuklir yangg dicanangkannya. Bersama Albert Einsten, pada 1955, ddiaa mengeluarkan manifesto yangg berisi pelucutan senjata nuklir.

Keterlibatan Russell dengan pelucutan senjata nuklir semakin gencar sehingga ddiaa harus dihukum penjara selama dua bulan. Ddiaa tetap menjadi figure public hingga meninggal dalaam usdiaa 97 tahun.


Demikianlah Artikel: Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970)
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Bertrand Arthur Willdiaam Russell (1872-1970) dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/04/biografi-bertrand-arthur-willdiaam.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama