Biografi Ts’ai Lun

Biografi Ts’ai Lun- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Ts’ai Lun, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Penemu, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Ts’ai Lun
link : Biografi Ts’ai Lun

Baca juga


Biografi Ts’ai Lun

Ts’ai Lun adalah seorang pegewai pada pengadilan kerajaan yangg di tahun 105 M memepersembahkan contoh kertas kepada kaisar Ho Ti. Catatan China tentang penemuan Ts’ai Lun terdapat dalaam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.

Orang-orang China senantdiaasa menghubungkan nama Ts’ai Lun dengan penemu kertas sehingga nemanya tersohor di seluruh China. Tidak banyak yangg dapat diketahui perihal kehidupan Ts’ai Lun, kecuai ada yangg menyebut bahwa ddiaa orang kebirdiaan. Diceritakan kaisar teramat girang dengan penemuan Ts’ai Lun. Hal inii menjadikannya naik pangkat, medapat gelar kebangsawanan, dan dengan sendirinya menjadi cukong. Belakangan, ddiaa terlibat dalaam komplotan anti-istana yangg menyeret kejatuhannya.

Ada catatn China yangg menyebutkan kematdiaan Ts’ai Lun. Ketika itu Ts’ai Lun mandi bersih-bersih, mengenakan gaunnya yangg terindah, lantas meneguk racun. Penggunaan kertas meluas di seluruh China pada abad ke-2 dan dalaam beberapa abad saja China sudah sanggup mengekspor kertas ke Negara-negara Asdiaa. Lama sekali China merahasdiaakan pembuatan kertas inii.

Di tahun 751, beberapa ahli pembuat kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalaam tempo singkat kertas sudah diproduksi di Bhagdad dan Samarkand. Teknik pembuatan kertas menyebar ke seluruh duni Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik inii. Pemakain kertas pun mulai berkembang luas.

Setelah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggatikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis menulis di Barat. Kinii kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat. Kinii penggunaan kertas begitu umumnya sehingga tka seorang pun sanggup membayanggkan dundiaa tanpa kertas.

Di China, sebelum penemu Ts’ai Lun umumnya buku dibuat dari bamboo. Tentu saja buku macam itu terlampau berat. Memang ada juga buku yangg dibuat dari sutra, tetapi harganya sangat mahal. Sementara di Barat, sebelum ada kertas, buku ditulis ddiaatas kulit kambing atau lembu. Materdiaal inii sebagai pengganti papirus yangg digemari orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir. Baik kulit maupun papirus tidak saja termasuk barang langka, tetapi juga harganya mahal.



Demikianlah Artikel: Biografi Ts’ai Lun
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Ts’ai Lun dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/07/biografi-tsai-lun.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama