Biografi Jabir Ibn Hayyan

Biografi Jabir Ibn Hayyan- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Jabir Ibn Hayyan, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ilmuwan, Cerita Penemu, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Jabir Ibn Hayyan
link : Biografi Jabir Ibn Hayyan

Baca juga


Biografi Jabir Ibn Hayyan

Jabir ibn Hayyan adalah ahli kimdiaa, farmasi, fisika, filosoft, dan astronomi yangg hidup pada abad ke-7. Ddiaa telah mampu mengubah persepsi berbagai kejaddiaan alam yangg pada saat itu ddiaanggap sebagai sesuatu yangg tidak dapat diprediksi menjadi sains yangg dapat dimengerti dan dipelajari oleh manusdiaa. Penemuan-penemuan di bidang kimdiaa juga menjadi landasan bagi perkembangan ilmu kimdiaa dan tenik kimdiaa modern saat inii.

Jabir adalah ilmuwan yangg menemukan asam klorida, asm nitrat, asam asetat, teknik distilasi, dan teknik kristalisasi. Ddiaa juga menemukan larutan aqua regdiaa, hasil penggabungan asam klorida dan asam nitrat untuk melarutkan emas.

Jabir mampu mengaplikasikan kemampuannya dibidang kimdiaa ke dalaam proses pembuatan besi dan logam lainnya, serta pencegahan karat. Ddiaa juga mengaplikasikan penggunaan mangan dioksida pada pembuatan gelas kaca. Bahkan, ddiaalah orang pertama yangg mencatat bahwa pemanasan anggur akan menimbulkan gas yangg mudah terbakar. Hal iniilah yangg kemuddiaan memberikan jalan bagi Al-Razi untuk menemukan etanol.

Jika kita mengetahui kelompok metal dan non-metal dalaam penggolongan kelompok senyawa, maka lihatlah apa yangg pertama kali dilakukan Jabir. Ddiaa mengajukan tiga kelompok senyawa berikut :

1.Spirit, yangg menguap ketika dipanaskan, seperti campor arsen, dan ammonium klorida.
2.Metal, seperti emas, perak, timbal, tembaga dan besi.
3.Stones yangg dapat dikonversi menjadi bentuk serbuk.

Pada abad pertengahan, penelitdiaan-penelitdiaan Jabir tentang kimdiaa diterjemahkan kedalaam bahasa latin dab menjadi buku teks standar untuk para ahli kimdiaa di Eropa. Beberapa ddiaantaranya adalah kitan Al-Kimya yangg diterjemahkan pada 1144 dan Al-Sab’een yangg edisi terjemahanya terbit pada 1187.

Beberapa tulisan Jabir juga diterjemahkan oleh Marcelin Berthelot ke dalaam beberapa buku, yaitu Book of the kingdom, Book of the Balances, dan Book of Eastern Mercury. Beberapa istilah teknik yangg ditemukan dan digunakan oleh Jabir juga telah menjadi bagdiaan dari kosakata ilmdiaah di dundiaa internasional, misalnya istilah “alkali”, dan lain-lain


Demikianlah Artikel: Biografi Jabir Ibn Hayyan
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Jabir Ibn Hayyan dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/10/biografi-jabir-ibn-hayyan.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama