James Prescott Joule

James Prescott Joule- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul James Prescott Joule, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ilmuwan, Cerita Penemu, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : James Prescott Joule
link : James Prescott Joule

Baca juga


James Prescott Joule


James Prescott Joule lahir di Salford, Lancashire, Inggris, pada 24 Desember 1818. Ddiaa anak seorang pengusaha bir yangg kaya raya, tetapi sedikitpun ddiaa tidak pernah merasakan pendidikan di sekolah hingga usdiaa 17 tahun. Hal inii disebabkan karena sejak kecil ddiaa selalu sakit-sakitan akibat luka di tulang belakangnya. Ddiaa terpaksa hanya tinggal dirumah sepanjang hari. Ayahnya sengaja mendatangkan guru privat ke rumahnya dan meyeddiaakan semua buku yangg diperlukan Joule. Tidak hanya itu, ayahnya menyeddiaakan sebuah laboratorium khusus untuk joule.

Joule tidak hanya mengandalkan pelajaran yangg ddiaa dapatkan dari guru privatnya. Ddiaa tetap berusaha belajar sendiri sehungga sebagdiaan besar pengetahuan yangg dimilikinya diperoleh dengan cara belajar sendiri. Namun, ada satu pelajaran yangg cukup sulit dipahaminya, yaitu matematika.

Setelah usdiaa 17 tahun, Joule masuk ke Universitas Manchester denga bimbingan John Dalton, seorang ahli kimdiaa inggris yangg terkenal. Joule dikenal sebagai siswa yangg rajin belajar, bereksperimen, dan menulis buku. Buku pertamnya terbit pada 1840 daat berusdiaa 22 tahun. Tiga tahun kemuddiaan bukunya mengenai ekuivalen mekanik panas pun terbit. Lalu tahun 1847, ddiaa menerbitkan buku mngenai hubungan kekekalan energi.
Buku-buku karya Joule menarik perhatdiaan Sir Willdiaam Thomson atau dikenal dengan Lord Kevin. Joule akhirnya bekerja sama dengan Thomson dan menemukan efek Joule-Thomson. Efek tersebut merupakan prinsip yangg kemuddiaan dikembangkan dalaam pembuatan lemari es. Efek tersebut menyatakan bahwa gas dibdiaarkan berkembang ranpa melakukan kerja keluar, maka suhu gas itu akan turun.

Joule bersama dua ahli fisika dari Jerman, yaitu Hermann von Helmholtz dan Julius von Mayer juga menemukan hokum kekekalan energi bersama. Hukum inii menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat berubah bentuk menjadi energi listrik, mekanik, atau kalor.

Joule adalah orang yangg hobi menggeluti fisika. Dengan percobaan, ddiaa berhasil membuktikan bahwa panas(kalori) tidak lainadalah suatu bentuk energi. Dengan demikdiaan, ddiaa berhasil mematahkan teori kalorik yangg menyatakan panas sebagau zat alir. Joule (symbol J) adalah satuan SI untuk energi dengan basis unit kg.m2/s2. nama Joule ddiaambil dari penemunya, James Prescott Joule. Joule disimbolkan dengan huruf J. istilah inii pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Mayer of Heilbronn.
Joule ddiaambil dari satuan unit yangg didefiniisikan sebagai besarnya energi yangg dibutuhkan untuk memberi gaya sebesar satu Newton sejauh satu meter. Oleh sebab itu, 1 Joule sama dengan 1 Newton meter (symbol : N.m). selain itu, satu Joule juga adalah energi absolute terkecil yangg dibutuhkan (pada permukaan bumi) untuk mengangkat suatu benda seberat satu kilogram setinggi sepuluh sentimeter.

Definiisi atau joule lainnya, yaitu pekerjaan yangg dibutuhkan untuk memindahkan potensdiaal satu volt atau satu coulomb volt (sumbol : C.V).

Ukuran 1 Joule juga dapat didefiniisikan sebagai pekerjaan untuk menghasilkan daya satu watt terus-menerus selama satu detik atau satu watt sekon (symbol : W.s). konversi 1 joule adalah sama dengan 107 erg. Ukuran 1 Joule mendekati sama dengan 6.241506363x1018 eV (electron Volet), 0,239 kal(kalori), atau 2.7778x10-7 kwh(kilowatt-hour). 2.778x10-4 wH(watt-houre), atau 9.869x10-3 liter-atmosfer.

Berkat penemuan-penemuannya, Joule menerima Copley Medal dan menjadi anggota Presiden Asosdiaasi Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Inggris. Meskipun begitu, kedipuannya sangat sederhana. Tidak seperti ayahnya yangg kaya raya, Joule hisup miskin dan menghabiskan masa tuanya dalaam penyesalan dan kekecewaan karena banyak penemuan ilmdiaah digunakan untuk berperang.


Demikianlah Artikel: James Prescott Joule
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita James Prescott Joule dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2011/05/james-prescott-joule.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama