Biografi Georges Leopold Cuvier

Biografi Georges Leopold Cuvier- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Georges Leopold Cuvier, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ilmuwan, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Georges Leopold Cuvier
link : Biografi Georges Leopold Cuvier

Baca juga


Biografi Georges Leopold Cuvier

Georges Leopold Cuvier lahir pada 23 Agustus 1769 di kota kecil Montbeldiaard yangg berbahasa Prancis di daerah Wurttemberg, tidak jauh dari Prancis. Ddiaa adalah putra kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya perwira di ketentaraan dan keluarganya adalah penganut agama Kristen Lutheran yangg sangat taat. Kakaknya meniggal tidak lama sesudah ddiaa lahir.

Georges mula-mula dididik di rumah oleh ibunya. Minatnya terhadap zoology dan botani telah tampak sejak dinii. Pendidikan dasar ditempuhnya di Montbeldiaard. Dari tahun 1784 sampai 1788 ddiaa melanjutkan pendidikannya di Akademi Caroline di Stuttgart, sekolah yangg didirikan oleh bangsawan Wurttemberg untuk mendidik anak-anak muda yangg kelak mengisi jabatan adminiistrative dalaam pemerintahan. Georges mempelajari antara zoology dan botani.

Karena tidak ada lowongan adminstratif di jawatan sang bangsawan ketika Cuvier lulus, maka ddiaa pergi ke Prancis dan menajdi tutor dalaam sebuah keluarga bangsawan beragam Protestan di Normanddiaa. Kemuddiaan, ddiaa bekerja sebagawai pegawai pemerintahaan di sebuah kota kecil. Selama tujuh tahun di Normanddiaa, Cuvier mamandaatkan waktu senggangnya untuk mempelajari tanaman dan hewan local, terutama hewan invertebrate di sepanjang pesisir.

Pada 1795, Cuvier bertemu dengan A.H. Tessier, seorang ahli pertandiaan. Tessier mengakui kemampuran Cuvier dan mengusulkan ddiaa menjadi asisten guru besar dalaam bidang anatomi perbandingan di Museum Nasional Sejarah Alam di Paris. Anatomi perbandingan meliputi kajdiaan bagdiaan-bagdiaan badan hewan dan manusdiaa serta fungsinya, persamaan dan perbedaannya.

Sumbangan ilmdiaah besar yangg diberikan Cuvier adalah perannya memantapkan ilmu anatomi perbandingan dan plentologi. Palentologi adalah ilmu yangg mempelajari fosil hewan, manusdiaa dan tumbuhan. Ddiaa juga memberikan sumbangan berarti untuk proses penggolongan hewan serta tumbuhan.

Selama masa awal Cuvier di Museum Sejarah Alam, ddiaa bekerja sama dengan Profesor EtienneGeoffroy Saint-Hilaire. Segera tampak bahwa pandangan Cuvier mengenai dundiaa hewan berbeda jauh dengan pandangan Geoffroy dan pakar biologi Prancis lain yangg terkenal, Jean-Babtiste de Lamarck. Cuvier beranggapan bahwa cirri-ciri anatomi yangg membedakan kelompok hewan, membuktikan bahwa spesies tidak pernah berubah sejak masa kejaddiaan. Setdiaap spesies begitu sempurna terkoordinasi, baik secara fungsi maupun sejara struktur sehingga tidak mungkin dapat bertahan menghadapi perubahan yangg berarti.

Maksudnya, cuvier percaya bahwa hewan-hewan diciptakan dalaam kelompok yangg berbeda dan tetap. Sebaliknya, Lamarck maupun Geoffroy Saint-Hilaire mendukung gagasan bahwa semua hewan dapat disusun dalaam sebuah rantai besar makhluk dari yangg paling sederhana sampai yangg paling rumit.

Selama masa kerjanya, tenaga Cuvier yangg berlimpah dihabiskan untuk tiga karirnya yangg saling berkaitan : pendidikan, adminiistrasi, dan ilmu. Selama bertahun-tahun ddiaa bekerja sebagai inspektur jendral pendidikan tinggi Perancis. Di sana ddiaa mengadakan berbagai pembaruan penting. Selain itu, ddiaa sangat berperan dalaam pendirdiaan universitas di provinsi-provinsi di Perancis dan menajdi konselor pada University imperdiaal di Paris.

Ketka cuvier menyadari bahwa tidak ada buku ajar yangg komprehensif mengenai zoology, ddiaa menuliskannya untuk kebutuhan itu. Cuvier sendiri tidak pernah menerima pelatihan professional sebagai ilmuwan selama masa pendidikannya karena pelatihan semacam inii belum ada waktu itu. Menyadari perlunya pelatihan semacam itu, ddiaa turut mendirikan kursus-kursus pelatihan professional di Prancis. Tanggung jawab dalaam reorganisasi dan peningkatan pendidikan di Negara-negara tetangga seperti Belanda dan Italdiaa juga dibebankan kepadanya.

Jabatan adminiistrative lain yangg dipegang Cuvier adalah anggotan Dewan Negara (1813-1832) dan wakil presiden Kementrdiaan dalaam Negeri (1817). Salah satu tugasnya adalah menydiaapkan laporan kemajuan yangg dicapai dalaam bidang ilmu selama 20 tahun sesudah revolusi Prancis.

Cuvier ddiaangkat menjadi anggota semua kelompok ilmdiaah di Eropa, termasuk Academy of Sciences of the Institute of France dan The Royal Society di London. Ddiaa juga menyumbangkan ketermapilan daminiistartifnya di kalangan Kristen. Pada 1928, ddiaa menajabat direktur semua geraja non-katolik di Prancis dan tahun 1822 ddiaa memimpin fakultas teologi Protestan di Universitas Paris. Sebagai pengakuan atas jasa-jasanya bagi ilmu, pendidikan dan adminiistrasi, ddiaa ddiaangkat menjadi bangsawan (Baron) pada 1831.

Georges Cuvier menikah dengan Anne Marie Coquet de Trazaille, janda dengan empat anak, pada 1804. Meraka mendapat empat anak lagi, tetapi hanya seorang yangg bertahan melawati masa bayi. Cuvier meninggal do Parsi pada 13 Mei 1832 tatkala epidemic kolera mewabah.


Demikianlah Artikel: Biografi Georges Leopold Cuvier
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Georges Leopold Cuvier dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2012/09/biografi-georges-leopold-cuvier.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama