Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur

Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Sholat, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur
link : Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur

Baca juga


Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur


Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur - ada empat kategaori sholat sunnah. Pertama sholat sunnah muaqqat (sholat sunnah yang ditentukan waktunya) seperti sholat dhuha, witir, syuruq, zawal, sholat ied dan rawatib (sesudah dan sebelum sholat fardhu). Kedua sholat sunnah karena telah terjadi sesuatu (dzu sababin mutaqaddimin) misalnya sholat tahiyyatul masjid, sholat sunnah wudhu, sholat sunnah hifdhil qur’an, istisqa’ dan lain sebagainya. Ketiga sholat sunnah karena menginginkan sesuatu (dzu sababin mutaakhhirin) seperti sholat istikhoroh, sholat taubah, sebelum ihram. Keempat, sholat sunnah muthlaq yaitu sholat yang tidak tergantung oleh sebab maupun waktu.

Sebagai permulaan dakan diterangkan terlebih dahulu sholat sunnah muaqqat yaitu sholat sunnah yang ditentukan waktunya. Diantaranya adalah sholat sunnah rowatib yaitu sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu. Termasuk di dalamnya sholat sunnah qabliyah dan ba’diyah. Dinamakan qabliyah karena sholat sunnah ini dilakukan sebelum sholat fardhu. Dan dikatakan ba’diyah arena sholat ini dilakukan setelah sholat fardhu. Baik qabliyah dan ba’diyah sebaiknya dilakukan sendiri-sendiri dan tidak dianjurkan berjama’ah.

Adapun sholat sunnah yang mengiringi sholat dhuhur. Ada qabliyah dan ba’diyah. sholat sunnah qabliyah dhuhur empat rakaat dilakukan sebelum sholat dhuhur dengan cara dua kali salam, yaitu sekali sholat dua rekaat. Hal ini berdasar pada tindakan Rasulullah saw yang selalu melaksanakan dan jarang sekali meninggalkannya itupun sebagai petunjuk bagi umatnya bahwa empat rakaat sebelum dan sesudah dhuhur hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang dianjurkan sekali).

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

Sebuah hadis "Barangsiapa melaksanakan empat reka'at sebelum Dzuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkan baginya api neraka." (H.R. Tirmizi)

Adapun bacaan niatnya adalah:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhri rok’ataini qabliyatan mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat sholat qabliyah dhuhur dua raka’at menghadap kiblat karena Allah.

Hadits di atas juga menunjukkan bahwa ba’diyah dhuhur juga empat raka’at, yang dilakukan selepas sholat dhuhur dengan dua kali salam. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

 اُصَلِّيْ سُنَّةَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhri rok’ataini ba’diyyatan mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat sholat qabliyah dhuhur dua raka’at menghadap kiblat karena Allah.

Demikian pula ketika sholat Jum’at, empat raka’at sebelum dan sesudahnya tetap menjadi sunnah muakkadah, sebagaimana sholat dhuhur.  


Demikianlah Artikel: Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Hadits Dan Tatacara sholat Sunnah Rawatib, Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2013/02/hadits-dan-tatacara-sholat-sunnah.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama