Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat

Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita JAWA BARAT, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat
link : Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat

Baca juga


Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat

Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat

Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat. Mengapa dinamakan kota Bandung? Ada beberapa pendapat mengenai asal usul nama tersebut.

Nama Bandung berasal dari kata “bendung" atau "bendungan". Dahulu kala, Sungai Citarum terbendung oleh lava yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Akibatnya, daerah antara Padalarang hingga Cicalengka (± 30 kilometer) dan daerah antara Gunung Tangkuban Parahu hingga Soreang (± 50 kilometer) terendam air dan menjadi sebuah telaga besar yang kemudian dikenal dengan sebutan "Danau Bandung" atau "Danau Bandung Purba".

Menurut penelitian, Danau Bandung lama-kelamaan surut. Di bekas daerah danau tersebut, berdirilah pemerintahan kabupaten Bandung. Jadi, secara historis asal-muasal nama Bandung itu berasal dari Danau Bandung.

Pendapat lain mengatakan bahwa kata Bandung berasal dari nama sebuah kendaraan air yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II. Kendaraan tersebut terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung. Saat itu, R.A. Wiranatakusumah II melayari Citarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.


Demikianlah Artikel: Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Asal Usul Nama Kota Bandung Jawa Barat dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2022/09/asal-usul-nama-kota-bandung-jawa-barat.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama